Tutorial Belajar Php Native

Tutorial Belajar Php Native

Php native, atau turunan dari bahasa pemrograman php seperti CodeIgniter, Larave, Drupal, dll telah menjamur hingga saat ini. Bagi pemula, artikel kali ini akan memberikan sedikit tutorial belajar php native, dengan pembahasan khusus untuk CodeIgniter.

Kenapa kita memilih CodeIgniter?, karena dalam kegiatan belajar php, logika yang paling mudah untuk dimengerti adalah CodeIgniter, dan sisanya adalah tingkat lanjutan.

Prasyarat

Untuk melanjutkan, Anda dianggap sudah mengerti tentang HTML, Advanced PHP, dan Core PHP, sebelumnya. Kemudian, kita akan menggunakan versi CodeIgniter untuk versi 3.0.1 untuk contoh berikut ini.

Install CodeIgniter

Sangat mudah untuk menginstal CodeIgniter. Cukup ikuti langkah-langkah berikut :

  • Langkah-1 – Unduh CodeIgniter dari tautan CodeIgniter
    Ada dua opsi warisan yang berbeda dan terbaru. Nama-nama itu sendiri bersifat deskriptif. warisan memiliki versi kurang dari 2.x dan yang terbaru memiliki versi 3.0.
    Kita juga bisa pergi dengan GitHub dan mendapatkan semua skrip terbaru.
  • Langkah-2 – Buka zip folder.
  • Langkah-3 – Unggah semua file dan folder ke server Anda.
  • Langkah-4 – Setelah mengunggah semua file ke server Anda, kunjungi URL server Anda, misalnya, domain-name.com.

CodeIgniter – Arsitektur Aplikasi

Seperti yang ditunjukkan pada gambar, setiap kali permintaan datang ke CodeIgniter, pertama-tama akan pergi ke halaman index.php.

Pada langkah kedua, Routing akan memutuskan apakah akan meneruskan permintaan ini ke langkah-3 untuk cache atau meneruskan permintaan ini ke langkah-4 untuk pemeriksaan keamanan.

Jika halaman yang diminta sudah dalam Caching, maka Routing akan meneruskan permintaan ke langkah-3 dan tanggapan akan kembali ke pengguna.

Jika halaman yang diminta tidak ada dalam Caching, maka Routing akan meneruskan halaman yang diminta ke langkah-4 untuk pemeriksaan Keamanan.

Sebelum meneruskan permintaan ke Kontroler Aplikasi, Keamanan data yang dikirimkan diperiksa. Setelah pemeriksaan Keamanan, Pengontrol Aplikasi memuat Model, Perpustakaan, Pembantu, Plugin, dan Skrip yang diperlukan dan meneruskannya ke Lihat.

Tampilan akan menampilkan halaman dengan data yang tersedia dan meneruskannya untuk Caching. Karena halaman yang diminta tidak di-cache sebelumnya maka kali ini akan di-cache dalam Caching, untuk memproses halaman ini dengan cepat untuk permintaan di masa mendatang.

View Comments